Pesan Moral Game Harvest Moon

Games Illustration

Halo semuanya, kalian para gamer atau yang suka main game pada inget sama game harvest moon apa engga? apa jangan-jangan kalian belum pernah main ini game, wah kalau kalian emang gamer dan dulu belum pernah main ini, coba deh, ini salah satu game yang oke banget, tidak ada unsur kekerasan atau kejahatan seperti game bunuh-bunuhan, ini adalah game RPG(Role Playing Game) yang mengisahkan tentang seorang anak yang mengurus perkebunan dan peternakan, disini banyak sekali event-event yang dialami , nah disini yang berperan sebagai karakter tersebut adalahn kalian sebagai player, banyak tugas dan pekerjaan yang bisa anda mulai , dari menanam tanaman , mencangkul, menyirami, memancing, bahkan bisa tidur dan memberi pakan hewan. Tapi disini saya tidak akan mebahas reviewnya karena ini adalah game yang sudah ada sejak lama, hanya saja memang dari waktu ke waktu banyak sekali versinya, jadi berikut ini adalah beberapa pesan moral yang bisa kita dapatkan saat bermain game ini:

1. Kita akan dilatih untuk bekerja keras dan berjuang, bagaimana bisa? jika anda tidak melakukan apapaun tidak bertani ataupun mencari sesuatu yang bisa menghasilkan laba, maka hidup perkebunan dan peternakan anda akan suram dan tidak terurus
2. Semua itu perlu proses, nah ini contohnya sudah jelas, pada game ini kita harus menikmati prosesnya , kenapa demikian? semisal anda menanam sebuah tanaman, atau menetaskan anak ayam, tidak mungkin saat itu juga akan menetas atau tanaman anda akan langsung tumbuh, jadi ada beberap hari hingga anda menunggu kelahiran sang anak ayam dan akan berkembang biak menjadi salah satu ayam yang memproduksi telur telur berikutnya dan bisa mendatangkan laba

3. Melatih kita untuk menjadi seseorang yang disiplin, jika anda tidak disiplin dalam bercocok tanam dan mengurus ternak, semisal anda tidak memberinya makan dan tidak menyirami tanaman(kecuali yangs udahminta bantuan kurcaci) makan bisa saja anda tidak akan panen, ternak anda akan mati jika dilakukan terus menerus, jadi butuh kedisplinan dalam memberi makan ternak dan merawat tanaman, agar mereka tumbuh pada waktunya atau yang hewan ternak semisal sapi dan ayam, mereka akan bisa menghasilkan susu dan telur.

4. Melatih anda untuk menjadi seorang pengusaha yang ingin selalu membesarkan perusahaan sendiri, nah di game ini sudah jelas sekali, tidak mungkin kita hanya akan memiliki 1 atau 2 ternak, jadi jika hasil panen dan ternak anda sudah dirasa lumayan, mesti anda akan berpikir untuk membeli hewan ternak lagi agar mendapat untung yang lebih besar lagi atau membeli bibit lagi agar hasil panen semakin melimpah

5. Anda akan dilatih untuk siap menghadapi resiko, ya ini memnag tidak terlalu mencolok keberadaannya waluapun bisa diprediksi tapi tetap saja akan membuat anda rugi, yaitu datangnya badai, apalagi jika ramalan cuaca badai datang pas bertepatan saat tanaman anda yang di rumah kaca dan diladang panen, biasanya rumah kaca anda akan hancur, dan beberapa hasil panen akan rusak, jadi anda harus siap menghadapi masalah dan resiko seperti ini.

6. Melatih anda menjadi seorang boss yang baik, hehehehhehehe disini saya ibaratkan jika perusahaan peternakan dan pertanian anda di game ini semakin berkembang , maka kalau anda tidak dibantuk oleh seseorang untuk mengurus semuanya anda akan mengalami sedikit kerepotan jika banyak, dari mulai memanen sampai memberi makan ternak, , ya itu aka memakan waktu yang lumayan, nah untuk itu ada kurcaci-kurcaci yang bisa anda minta pertolongannya untuk membantu mengurus perusahaan anda, tapi disini anda tidak mungkin hanya akan meminta bantuan saja, karena kurcaci tersebut merupakan NPC(non player karakter) yang juga memiliki mood, anda harus pintar-pintar menambah kesenangn kurcaci tersebut agar mereka selalu mau untuk dimintai bantuan, kan ada indikator hatinya juga, jika indikator hatinya menipis atau bahkan hilang, otomatis anda akan kehilangan karyawan anda karena mereka tidak akan bisa dimintai bantuan lagi sebelum mood mereka kembali normal.
7. Cinta itu harus dipupuk terus agar tetap terjaga, nah di game ini saat kita akan memilh pasangan, kita harus pintar-pintar mengambil hati dari perempuan yang kita sukai, salah satunya dengan memberinya sebuah benda atau sesuatu yang mereka suaki agar indikator cintanya kepada anda semakin besar dan akhirnya mau diajak hidup dengan anda, dengan kata lain jika di dunia nyata itu anda harus bisa meyakinkan calon pasangan hidup anda agar bisa menjadi sebuah keluarga dengan ikatan pernikahan.

Nah itu beberapa pesan moral yang saya ada dalm game ini, semoga bermanfaat, jadi main game itu sebenernya tidak buruk seperti yang dikatakan banyak orang atau orang tua, asal kita bisa memilih game yang baik dan tentunya jangan lupa waktu dalm bermain .
Tunggu artikel saya selanjutnya ..................



sumber gambar: Miguel Angel Garrido(https://www.flickr.com/photos/mixcool/1908963162)