Sudahkah Bersyukur Saat Ini?

Kadang hidup itu seperti hambar, tidak ada rasanya dan kurang berwarna, banyak orang melakukan rutinitas yang itu saja, ada juga yang mengamati orang-orang yang melakukan rutinitas tersebut, hidup kadang merasa bosan, merasa tertekan, stress, depresi, dan malas atau malah sebaliknya menggebu-gebu dan penuh semangat. Ya , setiap orang berbeda-beda dalm menyikapi kehidupan, tapi yang sering dilupakan adalah bersyukur karena diberi kehidupan dan masih hidup sampai sekarang detik ini, masih berdetak jantungnya masih bernafas dan beraktivitas. Saya sendiri sering merasa begitu, padahal saat selesai ibadah saya sering mengucapkan syukur karena sudah diberi rezeki . Namun saya berpikir lagi, ternyata yang saya lakukan hanyalah dari mulut saja alias omong doang, ya memang yang saya ucapkan memang rasa terimakasih dan syukur, tapi tidak didorong perasaan bersyukur yang benar-benar dari hati . Hehee mungkin anda juga pernah begitu? Tapi karena jenuh dengan pemikiran dan suasanya hati yang seperti itu kadang saya sering duduk mengamati orang-orang disekitar , dan sesekali kumpul dengan teman atau dikeramaian tapi tetap saja rasanya masih sepi saja, dan belum ada perasaan senang (masih hambar) sampai pada akhirnya saya berbaring , tiduran sambil instrospeksi, sering dalam hati bilang dan berdoa agar saya bisa menjadi orang yang lebih bersyukur dan menikmati keadaan. disitulah saya mulai berpikir. 

Pertama saya hanya melihat kedua tangan saya, dan saya berpikir bagaimana kita menyikapi  jika kita seperti mereka(maaf, contohnya orang yang memiliki kekurangan), padahal saya suka main biola, kalau tak pakai tangan mana bisa kita bermain alat musik tersebut, disitulah pikiran saya mulai menyambung, dan mulai saya buka biola yang saya punya dan saya mainkan, saya bisa menikmati setiap nada yang keluar dari alat musik yang saya mainkan dan kembali berpikir, bagaimana bisa kita main biola jika misal kita tidak bisa mendengarkan suatu bunyi,rasa syukur saya bertambah saat itu juga, dan saya mulai bermain biola denga memjamkan mata hingga selesai , hati menjadi agak enakan, dan saya berpikir kembali, pada waktu memejamkan mata bisa merasakan feel dari bunyinya jadi lebih peka, tapi yang terlihat hanyalah kegelapan , disitu saya berpikir dan apakah masih tidak bisa bersyukur karena sudah diberi penglihatan yang normal? saya membuka mata bisa melihat semuanya dengan jelas, dan rasa syukur saya mulai bertambah , dan saya bergerak melangkahkan kaki saya, disitu saya berpikir lagi, bagaimana mungkin kita yang bisa melangkahkan kaki, bisa berjalan, tetapi tidak bersyukur, karena yang tidak bisa memakai kakinya dan tidak memilikinya banyak dan mereka masih bisa mensyukuri keadaan mereka. Mulailah saya bicara dengan orang-orang yang ada dirumah, berinteraksi dan ngomong apapun , komentar tentang sesuatu dan kadang komentar tentang acara televisi yang kurang baik, disitulah rasa syukur saya bertambah besar karena kita masih bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas. Nah itu hanya hal-hal sederhana saja yang bisa membuat kita lebih bisa bersyukur, Masih belum bisa bersyukur? ya memang manusia tempatnya orang yang penuh nafsu , kali ini jika saya biasanya belum bisa merasakannya dan mensyukuri atas apa yang saya miliki dan saya dapat sekarang ini , saya sering memegang dada di area jantung, dan berkata dalam hati bagaimana mungkin kita tidak mau bersyukur jika jantung masih berdetak, apakah harus menunggu jantung ini berhenti dag dig dug agar kita menyadarinya? dan Jika masih belum bisa juga, kadang saya ingat akan mati, dan kematian itu bagian dari proses kehidupan , kalau anda ingat mati, disitulah seharusnya  mensyukuri kehidupan, kadang karena banyaknya aktivitas, banyak uang dan hidup makmur serba kecukupan dan hidup bahagia didunia ini sering melupakan bahwa kita itu manusia yang kapan saja dan dimana saja kita itu bisa mati, jadi selagi masih diberi umur mari kita lakukan yang bisa dilakukan yang terbaik guys :) . waktu terus berlalu dan sembari menunggu habisnya jatah waktu yang kita miliki di dunia ini, semoga kita bisa jadi orang yang bersyukur dan bermanfaat. Hehehehheheheh, tulisan ini juga untuk memotivasi diri saya sendiri :) semoga bermanfaat.