Bermain Biola Tanpa Shoulder Rest Dan Chinrest


Masih pada semangat latihan biola? kalau yang suka biola dan belajar biola, sekarang ini bentuk biola yang ada dipasaran banyak yang biola modern yang sudah dilengkapi Chinrest(shoulder rest dijual terpisah biasanya , hihihihi) , tapi dulu kan sebelum ditemukan chinrest maupun shoulder rest jamannya vivaldi dan baroque mungkin masih banyak orang yang bermain biola tidak menggunakan kedua aksesoris tersebut, hari ini saya mencopot chinrest dan langsung saya coba tanpa menggunakan chinrest , dan dari apa yang saya rasakan , mungkin karena belum terbiasa, memang agak sulit menopangnya, apalagi yang punya ukuran leher panjang, pasti akan sulit, tapi kelebihannya biolanya menjadi semakin ringan, mungkin karena saya sudah terbiasa berlatih tidak menggunakan shoulder rest , jadi melepas chinrest juga tidak begitu masalah, karena saat menopang dengan chinrest kita juga membutuhkan tenaga untuk meletakan biola senyaman mungkin , jadi saat menggunakan chinrest atau tidak, rasanya sama saja, hanya saja memang bilanya kadang ikutan gerak-gerak, kalau hanya menggunakan chinrest mauapun tidak, untuk itulah ada shoulder rest agar peletakannya lebih nyaman dan tidak gerak-gerak, seringkali yang baru latihan tanpa menggunakan shoulder rest ada yang mengeluh kalau vibra kok biolanya ikut gerak-gerak , wajar saja karena menopang biolanya masih kurang kencang dan masih bisa geser, kalau memaksakan terlalu erat agar biola tidak gerak-gerak pasti nyiksa tulang juga , kalau meletakan biolanya masih kendor pastinya tumpuan beban ada di tangan, jadi waktu pindah posisi memang agak merepotkan, tapi orang dulu kan sebelum ada 2 alat bantu tersebut masih bisa bermain biola, bahkan karya yang diciptakan bukan main-main, iyalah, karena bentuknya biola di era baroque itu sedikit berbeda dengan biola yang modern saat ini, di youtube ada yang pernah bahas masalah ini. Kembali lagi ke masalah penggunaan chinrest dan shoulder rest. Ada beberapa teman saya yang melepas chinrestnya tapi masih menggunakan shoulder rest, ini masalah selera, lalau saya coba ikut-ikutan mencopot chinrest, tapi berhubung tidak punya shoulder rest jadi yang ga pakai keduanya, alhasil memang menurut saya juga lebih nyaman ga pakai chinrest, mungkin bentuk tulang diwajah mempengaruhi kenyaman juga ya sama , orang dulu kan kalau liat video main biola jadul biar kenceng pakai daging di dagu buat kunci biolanya agar ga gerak gerak. Jadi saat ini saya memutuskan untuk tidak memakai chinrest , karena dipakai atau tidak menurut saya sama saja, tapi mungkin akan saya kombinasikan dengan shoulder rest seperti yang teman saya pakai. Ini masalah selera , jadi saya bukan ikutan-ikutan atau gimana, tapi memang tanpa chinrest biolanya terasa lebih ringan.


Saya pernah bertanya ke sebuah forum, apakah ada yang tidak memakai keduanya Chinrest sama Shoulder rest, jawabannya memang pada ngaco, tapi ada yang jawab, ada tapi di eranya vivaldi , ada juga yang menjawab bisa saja sih, biola ga pakai shoulder rest oke saja, tapi katanya kalau ga pakai chinrest kasihan biolanya, saya belum bertanya lagi bagian mana yang bikin kasihan dengan biolanya, dan coba tanya teman katanya kalau ga pakai ga masalah, kan aksesoris itu buat bantu performa juga biar lebih nyaman, tapi banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut bisa merusak biola, saya juga belum begitu tahu karena orang dulu itu kan mainnya juga banyak yang ga pakai keduanya, tapi biolanya apa rusak juga? sepertinya jawaban yang saya dapatkan di forum masih rancu dan kurang memuaskan, setelah itu coba saya tanya seseorang yang sudah lama menjadi pembuat biola, menurut pendapatnya malah berbeda lagi , katanya tidak ada masalah kecuali kalau biolanya direndam ke air, wkwkwkwkkwkwkwkwk jawabannya ngaco juga, trus kalau kena keringat gimana? jawabannya simpel, ya tinggal dibersihkan . Karena orang jaman dulu itu tidak memakai shoulder rest dan chinrest tapi tetap masih bisa main biola kan?

Nah kira-kira seperti itu, pakai atau tidak bukan masalah ikut-ikutan atau tren atau biar beda atau gimana, tergantung anda juga, kan bermain biola memang sebelumnya dalam hal peletakan biolanya sebisa mungkin harus nyaman dan tidak tersiksa , tapi dengan tumpuan teknik-teknik yang benar.