Cara Melatih Penjarian Pada Biola Untuk Pemula Ala Otodidak



Kali ini saya ingin share sedikit gimana caranya penjarian buat pemula berdasarkan apayang saya pelajari dalam komunitas dan forum, waktu saya masih sering main ke komunitas biola indonesia regional jogja ternyata banayak banget yang belum bisa main, dan geseknyanya masih asal-asal termasuk saya yang bownya masih kemana-mana kalau gesek biola, wkwkwkwkwkwkwkwk mungkin ada faktor N, yaitu nervous, ya saya akui nervous juga mempengaruhi kita  dalam konsentrasi belajar alat musik ini, apalagi kalau kumpul-kumpul tapi seiring berjalannya waktu karena sudah dekat dan terbiasa jadi ya rasa nervousnya sudah hilang entah kenapa, jadi latihan mental di depan umum memang perlu dan secara rutin ya( nasihat buat diri sendiri dan orang lain guys) . Nah yang sering dipelajari pemula termasuk saya dulu adalah teknik gesek openstring dari G sampai ke G lagi, jadi belajar tangga nada paling dasar dulu kunci standar biola yaitu G = Do.

Lha trus kalau belum tahu letaknya gimana? banyak yang nulis tutorial agar diberi tanda titik atau sticker hanya untuk menghafal letaknya saja, nah kalau saya dulu pakai plester transparan saya tempelin buat hafalin letaknya, biar ga begitu mengganggu dan tidak mengotori biola juga, sepertinya cara ini memang cukup efektif hanya beberapa bulan saja saya sudah bisa menghafal letaknya , sebenarnya yang namanya tangga nada kalau tahu nada dasarnya = do nya dulu, sangat mudah.

Yang perlu anda pelajari adalah itu dulu, ya kalau bisa langsung 4 string dari openstring G sampai senar ke 1 G terus dibalik , kalau sekiranya sudah hafal letaknya silakan anda hapus saja yang buat penandanya karena memang jelek dan menganggu pemandangan , tapi ingat kalau feel anda bagus dalam belajar alat musik ini lama-lama anda akan terbiasa tidak melihat ke fingerboardnya tapi merasakan bunyi nadanya itu fals atau tidak tentunya bisa membedakan, jadi sebelum latihan penjarian untuk melatih ketetapan letak nadanya serta kepekaan anda terhadap nada.

Jadi biola anda harus dalam keadaan steman standar, setiap mau latihan sebaiknya cek dulu openstring apakah nadanya sudah standar atau ada yang fals dan kendor, hal ini sangat penting lho, kan semuanya kalau main alat musik string memang harus di cek dulu kan fals atau tidaknya, biola kan gampang cuman 4 string, hanya saya sampaikan lagi di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan agar saat stem biola jangan asal walaupun otodidak juga harus ikuti aturan dan teknik yang benar.


Setelah beres stemnya, saatnya gesek, dulu pernah juga waktu kumpul-kumpul mengundang guru biola, lumayan dikasih dasar-dasarnya buat main, ya yang pertama dipelajari adalah menggesek biola dengan nada G=do full bow, nah disini yang perlu diperhatikan adalah ketukan, karena dulu bareng-bareng jadi kalau ada yang kecepetan atau malah paling lambat pasti ketahuan, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

jadi usahakan ikuti tempo, karena saya ibaratkan anda belajar sendiri dirumah dan ga ada guru ataupun teman, ya bikin tempo anda sendiri dalam hati, klau gak bisa pakai metronome yang bunyinya tik tok tik tok tik tok itu lho, buat latihan biar temponya teratur dan tidak semrawut, tapi kalau bisa pakai kaki ya silakan hentakan , misalkan 1 gesekan full bow 4 ketukan ya anda hitnung sendiri 4 ketukan itu 1 gesekan full, tapi lebih bagus lagi kalau pakai semacam alat bantu dulu, soalnya sering ga stabil kalau latihan pertamakali langsung harus mikir gesek full bow sama mikir ketukan, tapi kalau yang udah terbiasa sama alat musik lain ya mestinya udah peka lho sama yang namanya tempo.

Sebaiknya kalau masih awam banget geseknya 2 senar dulu gapapa bolak-balik yang penting bisa bedain nadanya fals apa engga, soalnya kalau ga bisa ya mohon maaf mendingan latihan drum atau latihan alat musik lainnya dulu yang lebih gampang(frontal banget , wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk) ya memang begitu , soalnya udah ada beberapa kejadian salah satu orang komunitas juga, belum begitu bisa membedakan nada , jadi kadang mainya bikin yang lain lirik satu dengan lainnya sama mikir ini yang nadanya beda sendiri siapa ya, wkwkwkwkwkwkwkwkwk

kalau dilogika kan kalau latihan tangga nadanya misal g= do nya masih fals dan ga bisa bedain atau tahu kalau sebenarnya yang dimainkan itu fals, brarti kan perlu latihan kepekaan dulu sama nada biar tahu kalau fals mesti langsung tahu sama sadar,  ya mungkin yang perlu latihan begitu yang masih awal banget belajar biola dan beleum pernah belejar alat musik lain atau belum bisa nyanyi ya,  tanyakn pada  diri anda sendiri


oke itu dulu latihannya dibolak-balik, memang jujur latihan ini bikin bosen, tapi jika anda bisa melewati kebosanan dalam latihan ini secara niat dan sungguh-sungguh yang namanya usaha pasti membuahkan hasil, jadi prosesnya memang demikian, itung-itung kan juga latihan crossing string sekalian, nanti kalau sudah terbiasa pasti anda bisa menikmati hasil latihan serius dari anda dalam bermain biola. Terimakasih kalau ada kata yang menyinggung saya minta maaf, yang saya ceritakan itu proses dari apa yang sudah saya dapatkan dari forum dan kumpul bertukar pikiran dan berbagi ilmu dengan orang-orang yang lebih tahu tentang biola dan yang masih awam sama pemula, saya juga masih latihan dan belum bagus-bagus amat mainnya, tapi paling tidak sudah bisa saya nikm atik sendiri permainan yang saya latih.


Salam Biola Indonesia