Membongkar Biola

Dari yang sudah pernah saya posting di artikel yang dulu, pernah saya sarankan kalau mau beli biola itu berapapun harganya , lebih baik dicoba test dulu suaranya, karena hal ini merupakan hal penting sebelum anda memutuskan untuk membeli atau memilih biola yang akan anda jadikan teman latihan, karena dulu saya membelinya asal-asalan dan tidak dicoba dulu suaranya (karena ditoko tidak boleh dicoba sebelum dibeli) makanya bisa dibilang untung-untungan, dan ternyata memang biola yang saya beli itu keadaan di dalemnya lumayan parah, pernah sewaktu kumpul-kumpul di komunitas biola yang ada di jogja, berhubung ada violin maker yang udah ahli bikin biola, biola yang saya miliki pernah diperiksa apakah ada yang ga beres, namanya juga biola murah, udah ada yang mau meriksa begitu juga sudah lumayan seneng, terus saya dikasih tahu ternyata, biola miliki saya itu sepertinya bass barnya itu ga beres, soalnya waktu digetok-getok sedikit pakai tangan seperti ada suara getaran pecah begitu, awalnyaa memang kurang percaya, dan setelah beberapa lama konsultasi memutuskan untuk bongkar biolanya, wkkwkwkwkwkwkwkwkwk kalau bukan karena temen , makernya ga bakal mau deh bongkar biola gitu.

Cuma waktu dibongkar ternyata konstruksinya memang parah dan sedikit ngasal, ya namanya juga buatan massal jadinya ya begitu. Ini beberapa foto saat operasi besar-besaran, sampaia bass barr juga diganti. Hanya saja pak violin makernya udah pesen sama saya, ga janji kalau habis dibongkar trus diperbaiki konstruksinya itu suara biolanya bakal berubah drastis, bisa jadi malah tambah parah atau tambah rusak. Saya sudah siap kalau memang demikian, soalnya memang biola itu ada harga ada rupa, tapi kembali lagi semahal atau semurah apa biola itu harus dicoba saat akan membeli. Jangan sampai menyesal ya.


Ini fotonya waktu di operasi:




Ini foto waktu belum dirombak, atau masih pakai cat asli dari biolanya, bagus si catnya kesannya klasik dan coklat tua, hanya saja suaranya lebih cempreng dan lumayan lirih


dan setelah dibongkar dengan sedikit perbaikan pada konstruksinya, serta di cat lagi biolanya juga semakin ringan , mungkin karena yang dulu waktu cat bawaan itu tebel, jadi agak berat:

biola

setelah di ganti


Waktu pertama kali tak coba lagi, ternyata suaranya kok enak, jadi semakin tebel dan bulet, hanya saja ternyata biola saya ini ga begitu cocok dengan bridge yang murahan, soalnya pernah saya ganti bridge, karena yang lama sudah agak melengkung, dari mulai tinggi bridge , tipis dan tebal bridge sudah saya samakan dengan yang melengkung, tapi suaranya yang dihasilkan sangat mengecewakan, dari situ saya baru sadar memang ternyata bridge itu juga berpengaruh pada suara (tadinya cuman denger orang dan lihat tulisan soalnya kurang percaya) .

Akhirnya setelah diganti senar suaranya juga semakin enak, tapi saat ini karena sudah hampir setahun tidak ganti senar , wkwkwkwkwkwkwk senarnya jadi keras gitu ya, maklum kalau buat beli yang pirastro mikir-mikir dulu , jadi cuma pakai senar yang murah tapi lumayan bagus menurut referensi dari teman-teman komunitas, jadi ga salah beli lagi deh, wkwkwkwkwkwkwkwkwk

Ini hanyalah satu contoh, saya tulis biola china, karena memang buatan china, tapi tidak semua lho, buatan china itu biolanya juga banyak yang bagus dan sudah bisa bersaing dengan buatan negara lainnya , mungkin ini hanya salah satu saja , karena biola china yang harga dibawah 1 juta itu biasanya memang harus teliti sebelum membeli, merknya juga banyak, jadi kalau di forum pada tanya masalah merk biola ini bagus apa nggak , atau gimana, pada ga bisa jawab dan sebenernya males jawab, soalnya biola itu ga di liat dari merk, kan yang kita dengar suaranya. Bahkan kalau saya bandingakan biola milik saya ini dengan milik teman saya yang belinya cuman 300ribuan, suaranya lebih bulet milik dia , itu sama-sama buatan china lho . Jadi telitilah sebelum anda memutuskan untuk membeli