Cara Import Furniture Ke Sweet Home 3D

Selamat sore pembaca, masih semangat buat belajar design rumah idaman anda? nah kali ini bagi yang belum begitu tahu bagaimana cara import furniture di Sweethome 3D saya kasih tahu langkah mudahnya. Yasudah tanpa basi-basi begini caranya:

Pertama harus ada bahan furniturenya dulu, bisa anda sendiri yang buat, atau download dari situs resminya juga banyak, jika anda mendownload dari situs resmi kebanyakan furniturenya berekstensi .obj , jadi kalau kalian mau bikin model sendiri ya bisa juga misal bikin di Blender 3D atau yang lain. Ekstensinya juga disamakan saja .obj .

Jika bahan sudah tersedia , anda klik kanan pada list furniture dan pilih import furniture bisa juga dengan shortcutnya Ctrl+Shift+I, disini akan ada tampilan Import Funriture Wizard, ada 2 pilihan Choose Models dan Find Models, karena bahan furniturenya sudah ada, anda pilih saja choose model, soalnya menu find models akan menuju ke browser situs furniture di sweethome 3D. Pilih file .obj yang sudah anda buaat atau anda download, dan kalau sudah ada preview bentuk furniturenya anda pilih menu Continue maka akan ada tampilan preview 4 kamera. Disitu anda bisa mengedit agar letak funriturenya saat di masukan ke dalam design rumah yang sedang anda bangun bisa pas, soalnya, ada juga bentuk furniture yang kadang belum beraturan, usahan 4 preview tersebut sudah benar dari pandangan kamera agar pekerjaan anda lebih mudah.

Sebelumnya bisa anda check apakah teksture dari modelnya sudah benar atau masih ada bagian yang kurang , disitu dikatan, kalau misalnya ada teksture yang incorrect bisa anda check invert  and back front face, tapi kalau sudah benar abaikan , dan klik Continue maka akan ada tampilan seperti gambar 3. Disana kita bisa edit ukuran panjang , lebar , tinggi model , dan juga elevation, elevation itu tingkat ketinggian defaultnya, kalau misal sofa atau obyek lain yang menyentuh laintai , biarkan saja 0, tapi kalau misal lampu gantung bisa anda atur sesuai tinggi ceiling(plafon) pada rumah yang sedang anda bangun itu. Jangan lupa centang add categorie dan masukan ke categories furniture yang sesuai keinginan anda agar saat menggunakan kembali anda tidak susah mencarinya karena sudah sesuai categorie.


Pada bagian akhirnya akan ada tampilan preview yang bisa anda liat bisa anda liat dari atas sampai bawah keseluruhan furniturenya, klik kiri dan tahan saja lalu pindahkan ke bagian yang ingin anda lihat. Kalau sudah yakin tinggal klik finish dan furniture siap digunakan pada design rumah anda.

Ini gambar dari menunya:

Cara Import Furniture Ke Sweethome 3D


semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar sweethome 3D. Saya juga masih belajar jadi jadi apabila masih banyak kekurangan tolong dimaklumi kalau bisa diberi saran juga yang benar bagiaman , terimakasih.