Apakah Anda Suka Dengan Harmonika?

Apakah anda menyukai alat musik Harmonika? Alat musik ini memang banyak kita jumpai di musik-musik Jazz dan Blues, dan ternyata jenisnya banyak seklai lho. Harmonika itu alat musik yang bisa kita Blow(tiup) dan Draw(sedot) , kalau anak-anak forum pada bilang salam Sedot sebul. Waktu itu ga sengaja cari-cari di facebook ternyata banyak juga yang bikin group buat pecinta alat musik ini.
 
Tapi sepertinya walaupun anggotanya banyak masih aja terlihat sepi, hanya saja lumayan bisa baca-baca artikel dan QA dari orang-orang yang sama-sama belajar dan suka alat musik ini. Karena keinginan saya juga bisa main harmonika, akhirnya coba cari harmonika yang terjangkau dan pas dikantong saya tapi lumayan kalau buat belajar, dan ternyata ketemu salah satu merk harmonika yang lumayan terjangkau yaitu suzuki folkmaster Diatonic 10 lubang, dan saya beli merk itu yang punya kunci C .

Emangnya beda ya tiap harmonika? Yang jelas kalau diatonic kan nadanya ga bisa diubah-ubah jadi tergantung kita saja kebutuhannya main di kunci yang mana, itu saya pilih kunci C karena memang masih belajar, untuk yang kunci lain juga banyak tergantung selera dan kebutuhan anda tapi jika anda sudah mahir main harmonica diatonic , bisa anda bending nadanya untuk menghasilkan nada yang hilang. Selain itu  masih ada jenis harmonika yang lainnya, seperti tremolo dan kromatik, kalau liat di toko online ada juga yang harmonika overdrive, saya sendiri hanya familliar dengan harmonica jenis diatonic, tremolo, dan kromatik, perbedaanya sangat bisa kita amati kok, kalau diatonik itu biasanya lubangnya itu ada 10 dan terdiri dari 20 reed (plat getar), yang sering main pakai teknik bending yang ada wah wah nya gitu lho, wkwkwk. kalau tremolo dari segi fisiknya memiliki lubang berjajar atas dan bawah, dan jumlahnya holenya lebih dari 15 hole (mesti baca di kaskus ya? ) iya dikit tapi memang bener , soalnya tremolo saya dulu begitu juga.

Adalagi harmonika kromatik, ini sebenarnya harmonika yang paling ingin saya punya, tapi kalau kromatik yang bagus harganya sampai jutaan, yang kualitas biasa aja biasanya beberapa ratus ribu, ciri fisknya ada semacam tombol(ga tau namanya apa) yang buat di pencet,sama dilepas, gunanya buat naikin nada, jadi ga perlu susah-susah pakai teknik bending ya , wkwkwkwk. Sebenarnya waktu baca ada beberapa jenis lagi, tapi saya tuliskan 3 itu saja .

Nah terus cara mainnya ya di sedot sebul gitu, tapi ternyata ga mudah buat menghasilkan suara yang seperti di tipi tipi itu atau di video karena mereka sudah banyak berlatih, anda juga pasti bisa kok kalau rajin latihan. Pertama kalai saya beli harmonika itu sebenarnya waktu saya masih kecil, dibelikan Ibu harmonika tremolo, merknya kalau ga salah Hero, itu harmonika harganya murah dan dulu ga tau kalau itu jenis tremolo, tapi pernah liat punya temen kok suaranya beda , ternyata punya temen saya itu diatonic(baru sadar setelah  baca-baca artikel tentang alat musik ini).

Okay itu sekilas tentang harmonika ya, nanti saya ceritakan lagi bagaimana harmonika saya itu . Kalau ada salah ya tolong dibenarkan. prewewew...................