Home · Sitemap · About · Contact ·

Cara Membuat Meja di Blender 3D

Selamat pagi pembaca, apakah anda tahu software Blender 3D? Software ini banyak sekali digunakan para designer ataupun animator untuk membuat dalam membuat sebuah project 3D. Dan sebenarnya Blender 3D juga bisa digunakan untuk membuat game.

Tapi kali ini yang ingin saya share adalah sedikit pengetahuan saya mengenai Blender 3D ini, jadi saya akan share bagaimana cara membuat sebuah meja, tapi meja yang sederhana saja.

Oke tak perlu basa-basi lagi, saatnya kita praktek bikin meja sederhana dengan Blender 3D :3.

Pertama anda harus sudah menginstal software Blender 3D ini ke dalam komputer anda. Anda bisa mendapatkanya di Blender.org . Dan silakan anda buka programnya .

Blender 3D 2.79
Blender 2.79
Disini saya menggunakan Blender 2.79. Dan kita akan menyulap sebuah object kubus default dari pertama kali blender dibuka ini menjadi sebuah object meja. tapi sebelum kita ganti dulu viewnya di sumbu x dan z dengan menekan angka 1 yang ada di numlock.

hasilnya seperti ini:

1
Angka 1 pada numlock keyboard PC anda berfungsi untuk merubah view x,z pada Blender 3D


Kita scale(Tekan Huruf S) objetcnya pada sumbu Z(dan tekan huruf z) dan kita buat gepeng. Ketebalannya bisa anda atur dengan mouse/pointer anda. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

2
Scale(s) dan z


Nah, object yang sudah di ganti ukurannya tersebut sebenarnya sudah membentuk bagian atas meja, untuk melihatnya coba anda tekan tombol scroll pada mouse tahan dan anda bah view dari sudutnya bebas , hasilnya pasti akan seperti ini

3


Sekarang kita perlu menambahkan kakinya. Sebenarnya untuk membuat kakinya tak perlu membuat object lagi dan menggantu ukurannya, kita cukup bermain dengan garis vertex yang bisa kita tambahkan.

Nah untuk membuat garis vertex tersebut , anda bisa merubahnya ke edit mode dulu dengan menekan tombol Tab(Untuk merubah ke edit mode maupun object mode) Sehingga terlihat seperti ini:

4
Tab untuk merubah ke tampilan edit mode maupun object mode, gambar ini adalah tampilan edit mode

Selanjutnya, jika sudah masuk ke dalam edit mode begitu kita tinggal menambahkan garisnya saja. Tujuan dari menambahkan garis vertex ini untuk membuat kaki meja. Pada keyboard silakan ketik kombinasi CTRL+R (digunakanya untuk membuat garis vertex baik vertikal maupun horizontal, dan akan muncul garis berwarna ungu apabila kursor kita tunjukan pada salah satu sudutnya seperti gambar ini:

5
CTRL+R untuk membuat garis vertex baru

Kita akan membuat garis secara menyilang jadi bebas saja, tapi untuk tutorial saya ini saya akan membuat garis lurus sumbu y dulu. Jika sudah ada garis ungu seperti gambar di atas, anda bisa menekan klik kiri dan letakan garis tadi ke pinggiran, kira-kira seperti ini, dan jika sudah pas anda klik kiri lagi untuk menempatkan garis secara permanen.

6
Letakkan garis tadi sesuai tempat yg diinginkan dengan mouse anda
Digambar saya yang ada di atas, sebelum saya membuat garis , saya terlebih dahulu mengubah viewnya dengan menjadi x dan y(untuk merubah view menjadi x,y anda bisa menekan angka 7 pada numlock keyboard) agar bisa lebih tepat membagi ukuran garisnya.

Selanjutnya sama saja seperti langkah pembuatan garis tersebut, anda buat hingga membentuk seperti gambar ini:

7

Pindahkan mode penyeleksian menjadi face mode seperti yang saya lingkari pada gambar di bawah ini, dan selanjutnya anda seleksi saja face seperti yang ada pada gambar di bawah. Untuk menyeleksi seperti itu cukup dengan menekan Shift+ klik kanan pada object yang akan di seleksi.

Ingat, yang kita seleksi untuk di extrude hanya bagian bawah dari object, saya anggap bagian bawah object di sini pada view object di x,z.


8
merubah tampilan vertex mode menjadi face mode seperti pada menu yang dilingkari

Sesudah anda seleksi seperrti pada gambar diatas selanjutnya kita pindah viewnya ke x,z( tekan angka 1 pada numlock) dan tekan E(untuk melakukan penebalan pada object) setelah itu anda tarik ke bawah hingga membentuk kaki-kaki mejas seperti ini:

9
extrude(tekan e) dan arahkan mouse kebawah hingga membentuk kaki meja

Dan sekarang anda lihat, sudah membentuk object meja kan?

10
Object meja sederhana sudah jadi

Silakan berkomentar jika ingin bertanya, jika saya ada kesalahan, tolong dikoreksi. Dan itu hanya salah satu contoh sederhanya saja tanpa ada pengukuran terlebih dahulu, sebenarnya mungkin bisa diukur agar lebih tepat dan dari mulai panjang lebar dan tingginya, tapi yang saya tuliskan di atas hanyalah pembuatan object meja secara sederhana. Semoga bermanfaat.

Catatan shortcut pada Blender yang digunakan dalam pembuatan meja:

-Merubah ukuran = S (Scale)

-Memindahkan object = G(grab), bisa ditambah koordinatnya misal G+x,y, atau z sebelum memindahkan agar tetap lurus dan tidak melenceng.

- Membuat garis vertex baru = Ctrl+R

- Extrude = E (penebalan object )

- Tab (untuk merubah mode dari object mode ke edit mode maupun sebaliknya)

Merubah view :

angka 1 = merubah ke view x dan z.
angka 3 = Merubah view ke y dan z
angka 7 = merubah view ke x dan y
angka 5 = Merubah dari pandangan perspektif ke ortho, atau sebaliknya)
angka 0 = Untuk melihat view menggunakan camera, untuk merubah bisa dengan menggeser kameranya.

untuk angka 2,4,6,8,9 bisa anda coba sendiri .v

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Meja di Blender 3D"

Post a Comment