Cara Mudah Mengirim File Dari Komputer Ke Android Atau Sebaliknya

Teknologi semakin berkembang, saat ini kita sudah tidak perlu susah-susah lagi dalam berkirim file. Dulu mungkin jika ingin melakukan transfer dari android ke PC atau sebaliknya , banyak yang menggunakan kabel data khusus atau malah bluetooth. Sekarang sudah ada sambungan wifi untuk melakukannya. 

Di dalam perangkat android ini , kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang sudah tersedia di playstore untuk digunakan dalam keperluan seperti ini, Contohnya menggunakan Airdroid.

Kenapa saya memilih airdroid? karena tergolong simpel dan cepat. Berikut ini adalah cara mengirimkan file menggunakan airdroid:

  • Tentunya anda harus menginstal Airdroid dulu ke dalam perangkat android anda, dan setelah itu, kita akan memanfaatkan sebuah wifi yang pastisnya sudah kebanyakan komputer dan smartphone memilikinya

  • Buatlah sebuah portal hotspot(Tethering) agar komputer anda bisa tersambung dengan smartphone, setelah tersambung , anda bisa membuka airdroid.

  • Di dalam menu airdroid ada beberapa pilihan, yang paling simpel adalah dengan Airdroid web. Nah saat memilih airdroid web otomatis anda akan tersambung dalam jaringan lokal yang sudah dibuat oleh aplikasi airdroid, tentu saja dengan menuliskan alamat IP yang sudah langsung tersedia di dalamnya. Sebenarnya bisa juga lewat web, tapi jika tidak berada dalam jarak yang jauh, hal itu sangat tidak perlu dilakukan. Jadi lebih baik tersambung dengan jaringan lokal.

Tampilan Airdroid di Smartphone


Biasanya dalam menyambungkan dengan cara ini butuh persetujuan, hal ini tentu saja sebagai sebuah verifikasi bahwa anda benar-benar yang terhubung ke dalam perangkatnya, untuk hal ini bisa langsung anda accept saja. Dan akan keluar tampilan seperti ini :

Cara menggunakan Airdroid
Tampilan Airdroid dalam Browser PC
Setelah sudah terlihat seperti pada gambar, anda bisa langsung transfer file dari PC ke android atau sebaliknya anda juga bisa mengirimkan file yang ada pasa perangkat smartphone android anda ke dalam Komputer. Semoga beremanfaat.

Catatan: Syarat untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara lokal, keduanya harus terhubung dengan jaringan hotspot yang sudah dibuat di dalam smartphone.