Home · Sitemap · About · Contact ·

Phoenix OS, Sistem Operasi Android Tanpa Ribet!

Selamat malam pembaca! Android selalu mengalami perkembangan, banyak sekali developer yang berlomba-lomba untuk mengembangkannya di berbagai platform, salah satu yaitu di perangkat PC/Komputer. 

Salah satu perkembangan dari aplikasi untuk desktop komputer adalah Phoenix OS. Sebenarnya, sebelum Phoenix Os, sudah ada Remix , hanya saja saya ingin membahas Phoenix Os karena memiliki beberapa keunggulan.

Phoenix Os ini merupakan salah satu sistem operasi berbasis android yang dikembangkan oleh developer china. Dan ini adalah terobosan yang sangat keren. Menggunakan android untuk keperluan desktop ternyata bisa sebagus ini. Saat saya menulis artikel ini, ternyata Phoenix os ini sudah dibahas banyak blogger indonesia. bahkan di kaskus juga ada halamannya. hanya saja sepertinya sudah tidak diupdate lagi. 

Dan kini, phoenix os ini tidak seperti di awal-awal yang masih beta, karena kita sudah sangat dimudahkan dalam menginstal sistem operasinya. 

Ada 2 pilihan file yang bisa anda dapatkan di situs resminya, yaitu berupa file .ISO yang bisa anda gunakan untuk menjalakan OS ini lewat flashdisk. Atau bisa juga dengan file .exe nya untuk langsung diinstal dualboot dengan Windows

cara penginstalannya cukup mudah, untuk menginstal yang .iso anda bisa cari sendiri, karena disini saya ingin share saat menginstal os ini dengan file .exenya.

jadi saya menginstal Phoenix os ini di dalam sistem operasi windows 7.  Berikut ini adalah langkah-langkah menginstall Phoenix Os di dalam windows 7:

  • Siapkan software yang dibutuhkan yaitu software os dari situs resmi Phoenix OS . Anda bisa mendapatkan filenya disini.

  • Setelah filenya siap, silakan anda buka sistem operasi Phoenix OS yang sudah berformat .exe ini , dan akan muncul tampilan untuk menginstallnya.

  • Di dalam menu tersebut pilihlah untuk install to harddisk.  Anda tidak perlu khawatir, karena versi yang terbaru dari OS ini tidak akan menghapus data yang ada atau memformatnya, mereka akan membuat folder mereka sendiri pada harddisk yang anda kehendaki. (Dalam Eksperimen menginstalnya, saya menggunakan Disk C: untuk menempatkan instalasi Phoenix Os)

  • Setelah itu anda akan diberikan pilihan penggunaan kapasitas penyimpanan dari mulai 4 GB 8 GB 16 Gb hingga 32 GB. Disini saya menggunakan yang direkomendasikan yaitu 16GB. Dan langsung saya install. Semakin besar kapasistas penyimpanan yang anda pilih, membuat proses instalasinya semakin lama. Tapi tidak lama banget kok, bisa anda tunggu sambil makan atau yang nge-teh.

  • Proses instalasi berhasil jika ada notifikasi successfully installed, dan anda akan di sarankan untuk reboot agar bisa menyelesaikan penginstalan dari Phoenix OS. Silakan anda reboot saja pada waktu itu.

  • Setelah reboot, anda akan otomatis dihadapkan proses instalasi yang harus diselesaikan, dan anda juga akan mengisi username, settingan bahasa(tersedia 2 bahasa , inggris dan china, jadi pilih yang inggris saja), dll untuk keperluan instalasi. Jadi dalam hal ini jangan panik dulu  saat anda tidak melihat pilihan booting antara windows dan phoenix os, memang saat awal menginstal kita harus menyelesaikan penginstalan dari Os ini terlebih dahulu.


Jika sukses maka tampilan akan seperti ini :

Tampilan Phoenix Os Di PC
Tampilan Desktop Phoenix OS (Wallpapernya sudah saya ganti)

Nah, sekarang jika anda merestart komputernya, setelah penginstalan berhasil , anda akan dihadapkan 2 pilihan booting, dan anda bisa memilih yang mana saja sesuai yang anda inginkan. 

 Saya menginstall sistem Operasi Phoenix OS ini di komputer yang lumayan jadul. Di sini saya mencoba menginstallnya dualbooting bersama windows, menggunakan Laptop tipe Acer Aspire 4732z.

Playstore Phoenix OS
Sudah ada Google Play nya

Dan artikel yang saya buat ini menggunakan Phoenix Os dengan browser bawaannya yang cukup bagus yaitu Stardust. Di dalam versi yang saya unduh ini (PhoenixOSInstaller_v1.5.0.297_x86.exe) Saya sudah mendapatkan aplikasi Google Play di dalamnya. 

Stardust Browser Phoenix OS
Tampilan Stardust Browser Phoenix Os
Dan saat saya lihat, di dalamnya juga ada semacam store dari OS ini, jadi semacam playstorenya Phoenix OS . Disana kita bisa menginstal beberapa aplikasi yang kita butuhkan seperti MS Office, Games, Hiburan, atau bahkan photoshop. 

Yang belum saya coba adalah bermain game di dalamnya, dan ternyata di store yang disediakan oleh OS ini juga ada beberapa game yang bisa kita install, contohnya Mobile Legends.

Tampilan Featured App yang mirip playstore
Tampilan Featured App ( ada Mobile Legendsnya :v)

Phoenix OS ini merupakan salah satu jalan keluar yang ada saat ini saat saya sendiri lelah mencari berbagai macam emulator untuk menjalankan OS android di PC, terlebih lagi dengan kemampuan dan spesifikasi komputer yang saya miliki, ternyata OS ini dapat berjalan dengan sangat baik, bahkan lebih baik dari emulator-emulator android yang membuat saya frustasi .

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Phoenix OS, Sistem Operasi Android Tanpa Ribet!"

Post a Comment