8 Fakta Tentang Alat Musik Gesek Biola

Ilustrasi Biola
Ilustrasi biola via pixabay
Biola merupakan alat musik gesek yang semakin lama banyak sekali yang ingin bisa memainkannya? Kamu hayo ngaku?. Ada beberapa fakta tentang biola yang harus kamu baca nih. Apa saja itu? Simak poin di bawah ini!

1. Bikinnya Rumit

Pernah lihat orang bikin biola? Saya pernah. Orang yang bisa bikin sama main biola disebut dengan Luthier. Tapi ada juga lho yang cuma bisa bikin, dan untuk mainnya cuma bisa sekedar tes suara saja. Percaya atau tidak, bikin biola itu juga rumit, dan perlu kehati-hatian. Harus bisa memilih mana kayu yang bagus untuk dibuat biola, serta pembuatannya perlu proses yang bertahap.

2. Ternyata ada juga yang senarnya lebih dari 4

Biola sudah mengalami banyak perkembangan lho, salah satunya adalah menggunakan 5 senar, pernah lihat? Saya pernah, Coba searching saja di mbah google, dari silnet violin, samapai yang akustik ada juga yang memakai 5 senar.

3. Sensitif kayak yang main, hehehehe

Pernah coba gesek biola? atau bermain? kalau kita salah pencet letak nadanya sedikit saja, mesti berubah kan? Apalagi jarak antar nada itu tidak dibatasi, karena fretless. Bukan cuma itu saja, dalam hal pemasangan senar, penyeteman atau pemasangan bridge juga perlu berhati-hati.

4. Susah dimainkan

Bikinnya susah, mainnya juga susah, tapi kok ada yang bisa? mereka yang bisa bermain tidak tidak mungkin atau jarang yang langsung bisa keren begitu, pasti ada prosesnya dan memakan waktu yang cukup lama. Serta latihan yang rutin dan bertahap.

5. Punya Keluarga

Mereka juga punya keluarga, selain biola, ada yang lebih gede sedikit ukurannya, yaitu Viola. Ada juga Cello, atau Contra bass. Mainnya sama, digesek juga. Tapi ukuran dan nada dasar merek berbeda-beda. 

6. Harganya bisa sampai mahal banget

Dari yang 300 ribuan hingga beberapa ratus juga sudah ada. Masa sih? Pernah cari info harga biola Antonius Stradivarius di Internet berapa? Tentu saja sangat mahal, eits tapi yang asli lho bukan yang copy copyan. Karena keberadaan biola ini hanya ada beberapa saja yang tersisa di jaman ini. Bahkan harga 1 buah biolanya, mungkin bisa buat beli yang mewah. 

7. Perawatannya tidak mudah

Untuk perawatan dari biola ini juga lumayan mahal sih, kalau yang sudah profesional. Harus rutin ganti senar, ganti hairs bow, utak-atik soundpost dan bridge agar suaranya pas,  dll. Dan semuanya itu biasanya dilakukan ahlinya . Makan biaya? Jika bisa sendiri mungkin akan lebih murah.

8. Suara yang dihasilkan beragam

Setiap biola yang dibuat memiliki suara yan berbeda lho. Walaupun merknya sama. Bahkan saya pernah bertanya ke pembuat biola, memang lumrah hal itu terjadi, bahannya sama bikinnya cara step by step sudah sama, tapi suaranya kok berbeda? Inilah salah satu keunikannya. Dalam hal ini, yang kupingnya sensitif mungkin bisa dengan udah membedakannya.