Hanezeve Caradhina, Ost Made In Abyss Yang Penuh Dengan Misteri

Hanezeve Caradhina, Ost Made In Abyss Yang Penuh Dengan Misteri
Gambar ilustrasi hanya pemanis. via pixabay
Siapa sangka, ada anime yang punya jalan cerita fantasi yang dikemas sangat bagus. Jarang-jarang saya menonton genre yang beginian. Saat mencari beberapa referensi, ternyata Made in Abyss lah yang muncul sebagai rekomendasi, dan saat mencoba melihatnya, kesan pertama adalah, owh, petualangan anak kecil yang penuh dengan imajinasi dari sang kreator. 

Tapi melihat beberapa episode kelanjutannya, ternyata jalan ceritanya penuh dengan misteri dan bikin tambah semakin penasaran, serius! walau pemeran tokohnya adalah anak-anak yang masih remaja, tapi petualangan yang disajikan oleh Made in Abyss lebih cocok ditonton oleh orang-orang berumur diatasnya. Ya karena ada beberapa adegan yang menurut saya sangat sadis hingga membuat saya berpikir kurang pas untuk disajikan kepada anak-anak seumuran dari karakter utamanya.

Anime ini menyajikan sebuah petualangan yang lumayan seimbang, antara keberuntungan dan kesedihan yang diterima oleh karakter utama. Jadi tidak terlalu memberatkan pada sebuah cerita bahwa sang karakter utama terus-menerus mendapatkan sebuah keajaiban disetiap petualangan yang ia jalani. Tapi ada juga unsur kepahitan dalam meraih tujuannya tersebut.

Oke itulah sedikit ulasan dari anime Made in Abyss menurut sudut pandang saya. 

Berhubung ceritanya bagus, saya juga bisa menikmati di setiap episodenya. Yang paling ngena dari anime ini selain dari sisi cerita adalah dari segi background Musik nya. Salah satu lagu yang berjudul "Hanezeve Caradhina" ini membuat saya penasaran dengan arti dari liriknya. Sekilas terdengar familiar di telinga saya, Alunan dari musik serta suara vokalnya terdengar seperti band Sigur Ros.

Ya pokoknya seperti begitulah. Dan ketika mencoba mencari liriknya, yang tersedia adalah kata-kata yang kurang berarti atau lebih jelasnya adalah penuh kerancuan. Ya, karena seakan lagu ini tidak memiliki arti apapun dalam liriknya. Tapi entah kenapa dalam hati ini terus memberontak kalau sebenarnya lagu ini mempunyai arti tersembunyi.

Hanezeve Caradhina

padahal ada sebuah screenshot yang mengatakan bahwa yang nyanyi bilang, itu lagu memang tidak ada artinya, hanya sekedar ucapan. Tapi ga ada artinya kok ngena banget ya sama serial animenya? Seakan lagu yang disampaikan sedang menggambarkan keadaan dari anime Made in Abyss itu sendiri. Kurang tahu juga itu akun twitter dari vokalis asli atau bukan yang menuliskan bahwa memang lagu ini tidak ada artinya.

"Ha la la ha se la ha la le lu" 

"Si vi vi le shi dhina how we le la la le li la"

"Hanezeve caradhina"

Sekilas suara dari vokalnya bilang seperti sedikit kutipan lirik yang saya dapat dari internet. Tapi banyak sekali simpang siur yang ada di forum yang membahas arti dari liriknya. Seakan kurang percaya dengan konfirmasi dari sang vokalis jika memang lagu itu tak ada artinya sama sekali. Saya pun juga lebih berat tidak percayanya. Masa lagu syahdu seperti ini kok ga ada maknanya sama sekali? 

Untuk mengobati rasa penasaran saya, akhirnya searching dan menemukan salah satu blog dari orang China(kayaknya) yang membahas lagu ini juga, dia membahas lirik lagu dari Hanezeve Caradhina ini secara terpisah dibagi beberapa part. Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi blog dari kisaragi-hiu.com.

Di dalam blognya ia mencoba mencari atau mengartikannya sendiri berdasarkan kata-kata dari lirik tak beraturan tersebut menjadi sebuah makna yang masih ada kaitannya dengan Anime Made in Abyss. Ternyata terjemahan yang dia buat keren juga lho. Terjemahan lirik dari hasil pemikirannya itu terlihat sedikit membuat saya ngeh dengan maksud dari lagunya. Soalnya dalam mencari dan mengartikan di setiap liriknya diuraikan sangat baik. 

Walau demikian, lagu ini tetap masih meninggalkan misteri dari segi maknanya. atau mungkin sengaja dibuat rancu begitu agar lebih berkesan kali ya . ah tapi malah jadi kepikiran, padahal kalau ingin buat lagu yang tak perlu ada liriknya kan bisa, tapi dari lagu ini, liriknya bukan hanya seperti gumaman orang yang nyanyi misal bilang lalalala, atau nanananana dll. Seakan ada makna tersembunyi dalam penyampaiannya.