Menulislah Sesuai Gayamu!

Syahdu banget Nulis sambil ngopi gan! via pixabay
"Ah tulisanmu ga banget", "tidak menarik", "kayak copasan dari blog-blog". hal tersebut mungkin salah satu respon yang kurang enak dibaca . Tapi itulah kenyaatan. Kenyataan bahwa tulisan-tulisan yang dibuat ternyata tidak selalu membuat pembaca merasa senang .

Ya, tak perlu kamu pikirkan, bahkan anggap saja semua angin lalu. Dalam dunia tulis menulis, atau mungkin kalau di jaman ini termasuk dalam dunia per-bloggingan, hal itu sangat lumrah. Tulisan seseorang itu menjadi sebuah selera. Kadang ada yang suka bahkan memuji, ada juga yang mengomentari dengan kata-kata menusuk.

Seorang J.K Rowling saja, sebelum Harry Potter menjadi setenar saat ini , banyak sekali mendapatkan penolakan, bukan cuma satu kali, tapi banyak. Andai saja J.K yang saat itu sedang mengalami permasalahan demikian memutuskan untuk berhenti dan mencari alternatif lain, hari ini tidak akan ada yang kenal dengan Nama "Harry Potter". Ego? kolot? keras kepala? bukan masalah itu, yang pasti, keyakinan kuat yang membuat bertahan. Tapi tentu tidak semua orang suka dengan Harry Potter, atau mungkin malah tidak tahu dan tidak kenal.

Menulis tidak harus terlihat selalu enak dibaca, jika terlalu sibuk memikirkan hal itu, yang ada malah perasaan ragu untuk memulai. Jelek? dan ga rapi? atau mungkin banyak kata-kata yang digunakan terlalu rancu.

Biarkan saja dulu seperti itu, nanti juga nemu jalanmu sendiri, nemu style mu sendiri bagaimana cara menyampaikan apa yang ada di dalam pikiranmu sesuai gayamu. lama-lama mereka yang sering membaca tulisanmu juga akan tahu gayamu seperti apa.

Kamu tidak bisa memaksakan semua orang atau kebanyakan orang menyukai stylemu dalam menulis. Tapi jika hal itu terjadi, maka selamat, tulisanmu populer karena lebih banyak orang yang menyukai. 

Jika tidak? Bukan berarti tidak ada satupun, walau hanya ada beberapa yang bahkan hanya bisa dihitung dengan jari, yang namanya pembaca setia itu pasti akan selalu menunggu apa yang kamu tuliskan lagi. Karena apa? mereka memiliki selera terhadap apa yang kamu tulis. Yang pasti 1 diantara mereka yang menyukai tulisanmu sudah jelas adalah dirimu sendiri. Jika bukan dirimu sendiri yang pertama, terus siapa lagi??

So? Tunggu apalagi? Mulailah tuliskan sesuatu yang positif yang ada di dalam pikiranmu! Siapa tahu tulisanmu itu salah satu yang dapat merubah dunia menjadi lebih baik.