Ghost Link Tiba-Tiba Menghilang dari Traffic Sources Blog

Ghost Link Tiba-Tiba Menghilang dari Traffic Source Blog
Ilustrasi perlengkapan ngeblog by pixabay

Sudah beberapa bulan ini blog saya yang lagi lumayan berkembang mengalami kendala , yaitu entah darimana ada banyak link link spam yang nyasar ke situs milik saya. Namanya sering disebut ghost link oleh para blogger yang juga mengalaminya. Jadi Ghost link ini kalau kita lihat dari traffic source kelihatan, tapi kalau di histat ataupun google analytics tak terdeteksi.

Link-link spam tersebut jumlahhnya sangat buanyak lho, bahkan kebanyakan yang mampir ke blog saya adalah link yang berasal berasal dari situs-situs Rusia atau Ukraina. Yang lebih parah lagi, situs refferal spam tersebut lebih menjurus ke alamat dan deskripsi yang negatif, misal ke situs berbau pornografi atau obat-obatan terlarang. Tentu ini bikin panik dan tidak semangat ngeblog. Serius, hampir setiap hari situs web milik dapat traffic source dari situs yang begitu, walaupun ada juga yang tidak. Tapi sangat mengganggu pemandangan. Terus, apa yang saya lakukan?

1. Tetap update Posting blog seperti biasa dan tidak menghiraukan refferal spam seperti itu

Ya , menurut beberapa sumber atau forum yang saya baca, banyak dari mereka Blogger dari luar juga mengalaminya, tapi ada salah satu jawaban luar biasanya dari salah satu member di sebuah forum. Berdasarkan pengalamannya, ia menyarankan untuk tetap update blog secara rutin, dan tidak terlalu memperhatikan visitor dari traffc source ghost link tersebut. Agar blog anda terlihat eksis dan selalu up to date di mata search engine.

2. Jangan pernah nge-klik link tersebut!

Serius, hati-hati waktu mnegarahkan pointer mousemu ke link-link spam begitu, jangan sampai terklik, karena biasanya isinya hanyalah situs tidak benar atau kebanyakan juga hanya domain yang diparkirkan. Jika anda ngeklik kan otomatis di data mereka, traffic source dari situs anda juga akan tertulis dan tercatat. Mungkin hal itu bisa membuat lalu lintas ghost linknya semakin banyak.

3. Google dissavow?

Kebanyakan dari blog-blog Indonesia menyarankan hal ini, tapi terkadang gak mempan lho, buktinya situs-situs yang saya diassavow tetap muncul traffic sourcenya , apalagi jumlahnya ada ratusan yang masuk, dengan nama domain yang aneh-aneh. Untuk itu, langkah ini sih, tergantung anda sendiri, tapi kalau saya juga melakukan dissavow ke situs spam tersebut walaupun hampir tiap hari update listnya. Lumayan capek hingga malas update lagi.

Nah mungkin cuma itu, yang jelas waktu itu traffic source paling banyak masih dari google, jadi saya hadapi dengan santai. Dan salah satu keanehan dari ghost link tersebut, jumlahnya hanya segitu saja, jadi dari sisi jumlah view tidak berubah, hanya mendapatkan list ghost link dengan nama domain yang bermacam-macam.

Entah ada orang yg sengaja berbuat begitu atau tidak, yang jelas hal ini adalah salah satu permasalahan dan hambatan yang bisa dialami oleh siapa saja yang berprofesi sebagai Blogger. Dan dari beberapa bulan lalu, blog saya memang sudah terserang link-link seperti itu, tapi entah kenapa sekarang malah hilang tanpa jejak. Jadi saya bersyukur karena link-link gak jelas seperti itu tidak nyasar ke blog lagi.

Semoga bermanfaat,